" Kesuksesan, Kesehatan dan Kebahagiaan Anda
Sangat Bergantung pada Bagaimana Cara Anda Memanfaatkan
Kekuatan Pikiran Bawah Sadar "

Potensi & Kemampuan Pikiran Bawah Sadar

potensi pikiran bawah sadarPikiran kita itu seperti bawang yang berlapis-lapis. Secara garis besar manusia punya satu pikiran/kesadaran yang terdiri dari dua bagian, yaitu Pikiran Sadar dan Bawah Sadar. Pikiran Sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja. Pikiran Bawah Sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya dan sulit untuk dikendalikan secara sengaja.

Pikiran Sadar mempunyai empat fungsi utama, yaitu: mengenali informasi yang masuk dari pancar indra, membandingkan dengan memori kita, menganalisa, dan kemudian memutuskan respon spesifik terhadap informasi tersebut. Sedangkan Pikiran Bawah Sadar berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, persepsi, kepribadian, intuisi, kreativitas, dan keyakinan.

Setiap manusia normal terlahir dengan petensi Pikiran Sadar dan Bawah Sadar yang sama. Namun, dalam proses tumbuh-kembang seorang manusia hanya sebagian kecil saja dari seluruh potensi yang berkembang sepenuhnya dalam Pikiran Sadar. Umumnya manusia modern tidak banyak menggunakan potensi Bawah Sadarnya karena di sekolah dia hanya diajarkan bagaimana menggunakan Pikiran Sadarnya (logika dan analisa). Padahal kalau kita mau menggunakan potensi Bawah Sadar kita, manusia bisa mengembangkan dirinya ke level yang lebih tinggi. Pikiran Bawah Sadar punya fungsi dan sifat-sifat khusus, diantaranya:

Kemampuan Pikiran Bawah Sadar Terpisah Dari Pikiran Sadar
Pikiran Bawah Sadar bekerja terpisah dari Pikiran Sadar. Pikiran Bawah Sadar dapat mendengar atau melihat hal-hal yang tidak tertangkap oleh Pikiran Sadar. Pikiran Bawah Sadar bisa memikirkan satu hal yang berbeda dengan dipikirkan oleh Pikiran Sadar. Pikiran Bawah Sadar bisa menyukai sesuatu yang mana tidak disukai menurut Pikiran Sadar. Pikiran Bawah Sadar dapat mengendalikan aktivitas fisik tanpa disadari oleh Pikiran Sadar dan dapat mengungkapkan ide atau pikiran yang berada di luar jangkauan persepsi sadar (Extra Perceptions).

Pikiran Bawah Sadar Merupakan Gudang Penyimpanan Memori
Ibarat komputer, Pikiran Sadar adalah RAM (tempat menyimpan memori kerja dan memori sementara), sedangkan Pikiran Bawah Sadar adalah Hard Disk yang tidak terbatas kapasitasnya. Apapun yang pernah Anda alami dalam hidup Anda, secara sadar ataupun tidak, telah tersimpan dengan sangat rapi di Pikiran Bawah Sadar. Secara sadar Anda mungkin bisa lupa (karena kapasitas RAM pastinya terbatas). Namun sebenarnya Anda tidak pernah benar-benar lupa. Ingatan-ingatan yang terlupakan itu bisa diungkap dengan masuk ke Bawah Sadar. Caranya bisa dengan hipnotis atau bertanya dengan Bawah Sadar melalui Pendulum Analysis.

Pikiran Bawah Sadar Sangat Cerdas
Bawah Sadar jauh lebih cerdas, bijaksana, dan cepat daripada Pikiran Sadar. Bawah Sadar dapat menangani 2.300.000 bit informasi dalam suatu saat, sementara Pikiran Sadar hanya mampu menangani 7-9 bit informasi dalam suatu saat. Itu artinya, apa yang tidak ditangkap oleh Pikiran Sadar bisa ditangkap oleh Pikiran Bawah Sadar. Pikiran Bawah Sadar dapat memproses lebih banyak informasi daripada Pikiran Sadar. Bawah Sadar juga memproses informasi tanpa pengaruh rasa bangga, prasangka, atau pengharapan. Dengan kata lain, Pikiran Bawah Sadar adalah suatu potensi intelektual yang berfungsi pada kapasitas puncak. Meskipun Pikiran Bawah Sadar sangat cerdas, tidak berarti ia tidak pernah berbuat salah. Kadang-kadang, Pikiran Bawah Sadar bisa menarik satu kesimpulan yang keliru apabila mendapat "paksaan" dari Pikiran Sadar.

Pikiran Bawah Sadar Sebenarnya Sangat Sadar
Pikiran Bawah Sadar sebenarnya sangat sadar dan responsif terhadap setiap kejadian. Pikiran Bawah Sadar dikatakan tidak sadar dalam pengertian bahwa manusia pada umumnya tidak menyadari keberadaan Pikiran Bawah Sadar. Pikiran Bawah Sadar selalu sadar dan waspada, bahkan ketika Pikiran Sadar sedang tidak aktif, misalnya dalam kondisi hipnosis. Pikiran Bawah Sadar mengetahui atau menyadari segala sesuatu yang ada di Pikiran Sadar, tetapi tidak sebaliknya.

Pikiran Bawah Sadar Memberikan Respons Dengan Jujur
Bias prasangka, penghakiman, pengharapan, pengelompokan persepsi, dan kerangka berpikir konseptual adalah sifat Pikiran Sadar. Pikiran Bawah Sadar terbebas dari pengaruh-pengaruh di atas dan mampu menghasilkan kesadaran realita yang lebih objektif. Persepsi dan pengetahuan Pikiran Bawah Sadar tentang realita bersifat langsung, tidak bias, dan apa adanya. Pikiran Bawah Sadar menyerap dan mengerti realita berdasarkan pengalaman nyata sebagaimana adanya, tanpa harus melewati proses pemberian makna atau penjelasan yang rumit, seperti yang dilakukan Pikiran Sadar. Kemampuan persepsi, pemahaman, dan respons Pikiran Bawah Sadar sama dengan yang ditunjukkan oleh seorang anak kecil yang masih polos, yang belum memiliki prasangka, bias, pengharapan, dan aturan yang kaku seperti orang dewasa. Itulah mengapa, bertanya kepada Pikiran Bawah Sadar adalah sama dengan bertanya kepada orang yang bijak.

Pikiran Bawah Sadar Bisa Berkomunikasi Tanpa Kita Sadari
Ketika Anda sibuk bercakap-cakap dengan seseorang, Pikiran Bawah Sadar Anda juga berkomunikasi secara Bawah Sadar dengan Pikiran Bawah Sadar orang yang Anda ajak ngobrol. Karena persepsi dari Pikiran Bawah Sadar sangat luas dan murni, maka dia bisa menangkap kesan yang lebih detail daripada kesan yang Anda tangkap secara sadar. Pikiran Bawah Sadar Anda bisa membaca isi pikiran orang lain sehingga dia tahu kepribadian, perasaan, kejujuran dan niat buruk dari orang lain yang pernah Anda temui.

Pikiran Bawah Sadar Menggunakan Bahasa Simbol (Berupa Perasaan dan Mimpi)
Sebenarnya, Pikiran Bawah Sadar selalu berkomunikasi dengan Pikiran Sadar untuk memberikan peringatan ataupun saran-saran ketika Anda dihadapkan dalam suatu persoalan. Sayangnya, secara alami Pikiran Bawah Sadar hanya bisa memunculkan perasaan dan mengungkapkan simbol-simbol dalam mimpi untuk berkomunikasi dengan Pikiran Sadar. Sedangkan kita, manusia modern, tidak pernah dilatih untuk mengenali simbol komunikasi dari Bawah Sadar kita. Padahal, kalau kita mau mendengarkan dan mengikuti saran-saran dari Bawah Sadar kita, kemungkinan besar hidup kita akan lebih baik.

Demikianlah berbagai hal istimewa berkaitan dengan Pikiran Bawah Sadar. Sekarang saatnya Anda menggunakan potensi Pikiran Bawah Sadar untuk meraih kesuksesan dan hidup lebih bahagia. Anda bisa mulai dari Pendulum Analysis, sebuah metode ilmiah untuk mengeksplorasi Pikiran Bawah Sadar Anda.